Minggu, 25 November 2012

Man united on BPL (pekan ke 13)

Manchester United 3-1 Queens Park Rangers

 Selesai
November 24, 2012 10:00 PM WIB
Old Trafford — Manchester
Wasit:‬ L. Probert‎
Jumlah Penonton:‬ 75603‎ 


 

Manchester United merebut kembali posisi puncak dari tangan Manchester City.

Manchester United akhirnya bisa meraih kemenangan 3-1 saat menjamu Queen Park Rangers dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Old Trafford, Sabtu (24/11) dini hari WIB.

The Red Devils sempat tertinggal lebih dahulu lewat aksi Jamie Mackie pada menit ke-52. Namun, pasukan Sir Alex Ferguson itu melakukan aksi comeback yang luar biasa. Dalam waktu sepuluh menit di pertengahan babak kedua, mereka mampu mencetak tiga gol.

Dengan kemenangan ini, United berhak kembali merebut posisi puncak klasemen sementara dari tangan klub rival, Manchester City. United mengumpulkan 30 poin, unggul dua poin dari The Citizens, yang baru akan bertanding lawan Chelsea pada Minggu (25/11) malam WIB.

Babak Pertama


Tuan rumah mulai melakukan inisiatif menyerang. Sebuah usaha dilakukan lewat pergerakan Ashley Young yang mengirim bola kepada Patrice Evra. Bek kiri itu kemudian mengirimkan umpan kepada Danny Welbeck, namun masih ada pemain lawan yang memotong bola.

Tim tamu juga memiliki peluang lewat aksi Mackie. Sang gelandang berusaha masuk ke jantung pertahanan United, namun mampu dihalau Rio Ferdinand. Beberapa saat kemudian, Mackie bekerjasama dengan Djibril Cisse, namun kembali dapat dijaga ketat oleh Ferdinand.

Pada menit ke-13, kerjasama apik Ashley Young dan Rafael da Silva sempat mengancam pertahanan kiri QPR. Beruntung umpan crossing pemain asal Brasil itu dapat dimentahkan pertahanan lawan.

Dua menit berselang, peluang bagus didapat United. Berawal dari crossing Rafael di sisi kiri, bola mampu dikuasai Robin van Persie di tengah kotak penalti. Saat melakukan sepakan, bola mampu dihalau pemain lawan. Paul Scholes berusaha meneruskan bola muntah, namun kiper Julio Cesar lebih dahulu bisa menggapai dengan tangannya.

Van Persie nyaris saja mencetak gol pada menit ke-19. Menerima umpan Danny Welbeck yang masuk ke sisi kanan kotak penalti QPR, striker asal Belanda itu meneruskan dengan sepakan keras, namun tipis di sisi kanan gawang Cesar.

Peluang emas didapat United pada menit ke-26. Kerjasama Wayne Rooney dan Scholes di depan kotak penalti berujung pada sepakan keras Young dengan kaki kirinya, namun bola masih tipis di sisi kiri gawang.

United terus berusaha mengurung pertahanan QPR. Tiga peluang emas didapat United saat pertandingan memasuki menit ke-33. Umpan van Persie mampu diteruskan dengan sepakan Evra lewat kaki kirinya, namun bola mampu dimentahkan Cesar. Beberapa saat kemudian, giliran sepakan kaki kanan Rooney usai menerima umpan Welbeck yang masuk ke sisi kiri pertahanan QPR, bisa diblok Cesar, dan bola muntah kembali digapai sang kiper. Sesaat kemudian, usaha Rooney dengan tendangan kaki kanannya mampu dimentahkan Cesar lagi.

QPR mampu mencetak gol pada menit ke-36 lewat sundulan kepala Mackie usai menerima umpan jauh Cisse, namun dianulir wasit karena sudah terjebak dalam posisi off-side.

Saat pertandingan menyisakan tiga menit lagi di waktu normal, Rooney mengancam gawang Cesar dengan sepakan kerasnya di sisi kanan kotak penalti usai menerima umpan sodoran Welbeck, namun bola mampu diblok sang kiper.

Memasuki masa tambahan waktu di babak pertama ini, Adel Taarabt mengancam dengan tendangan keras dari luar kotak penalti usai menerima umpan Cisse, namun Andreas Lindegaard masih sigap menangkap bola. Pertandingan babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Babak Kedua

Tim tamu justru mampu unggul pada menit ke-52. Mackie sukses memanfaatkan situasi sepak pojok. Kieron Dyer berusaha meneruskan bola hasil tendangan sudut, namun masih bisa digagalkan Lindegaard. Bola kemudian mampu disambar Mackie dengan sukses mencetak gol.

United berusaha mengejar gol usai tertinggal. Pada menit ke-62, peluang sempat didapat. Van Persie mengirim umpan crossing yang cukup berbahaya, namun masih bisa ditinju Cesar sebelum mendarat di depan gawang.

United akhirnya menyamakan kedudukan pada menit ke-64. Tendangan sudut yang dilepaskan Rooney menemui kepala Welbeck. Bola kemudian menghampiri Evans yang sudah ada di mulut gawang dan menyambar dengan sundulan kepala. Gol ini disambut gemuruh seisi stadion yang disesaki para pendukung United.

Tuan rumah hanya butuh waktu empat menit untuk balik unggul. Berawal dari sepak pojok yang dilakukan Rooney, Darren Fletcher mampu meneruskan dengan sundulan dari tengah kotak penalti. Ini merupakan gol pertama sang gelandang dalam waktu 368 hari. Terakhir kali ia mencetak gol adalah pada 24 November 2011, saat lawan Benfica di ajang Liga Champions.

Pemain yang baru masuk menggantikan Scholes, Javier 'Chicharito' Hernandez, akhirnya memastikan kemenangan pada menit ke-72. Umpan terobosan Anderson, pemain yang juga baru masuk bersamaan pada menit ke-58, mampu dituntaskan oleh striker asal Meksiko tersebut.

Saat pertandingan babak kedua sudah memasuki masa injury time, United nyaris memperbesar keunggulan. Umpan Chicharito kepada Rafael di dalam kotak penalti masih belum mengarah tepat sasaran dan mampu dihalau pemain bertahan QPR.

Van Persie nyaris mencatatkan namanya di papan skor. Menerima umpan Anderson, dengan satu-dua kali langkah, sang striker melepaskan sepakan keras ke arah gawang, namun masih mampu dimentahkan dengan kaki Clint Hill.

Manchester United akhirnya mampu mengunci kemenangan krusial 3-1 dan berhak memuncaki klasemen sementara Liga Primer.


Susunan Pemain:

Manchester United Starting XI: Lindegaard; Rafael, Evans, Ferdinand, Evra; Young, Fletcher, Scholes, Rooney, Welbeck; van Persie.

Cadangan: De Gea, Jones, Smalling, Anderson, Cleverley, Powell, Chicharito.

Queen Park Rangers Starting XI: Cesar, Mbia, Hill, Nelsen, Traore, Derry, Faurlin, Mackie, Taarabt, Dyer, Cisse.

Cadangan: Green, Diakite, Ferdinand, Wright-Phillips, Granero, Ephraim, Hoilett. 


sumber : goal.com

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar