Senin, 19 November 2012

Man united on BPL (pekan ke 12 )

Selesai
November 18, 2012 12:30 AM WIB
Carrow Road — Norwich, Norfolk
Wasit:‬ A. Taylor‎
Jumlah Penonton:‬ 26840‎

Gol Anthony Pilkington Bungkam Manchester United

Gol tunggal Anthony Pilkington sudah cukup untuk memukul pasukan Manchester United yang dipaksa menelan kekalahan 1-0

Norwich City secara mengejutkan meraih tiga angka sempurna kala menjamu Manchester United di Carrow Road. Armada The Canaries memetik kemenangan tipis 1-0 berkat gol tunggal Anthony Pilkington di babak kedua.

Sejak awal laga, tim tuan rumah memang tampil ngotot meski kerap ditekan anak-anak asuh Sir Alex Ferguson. Kesabaran mereka akhirnya membuahkan hasil manis di menit 59 ketika kerja sama Javier Garrido dan Pilkington berhasil menjebol gawang Anders Lindegaard.

Hasil ini membawa The Canaries naik ke peringkat 13 dengan raihan angka 14. Sementara, armada Setan Merah menempati posisi runner-up dengan koleksi nilai 27, atau terpaut satu angka dari Manchester City yang memuncaki klasemen.

Babak pertama

Anak-anak asuh Sir Alex Ferguson mengambil inisiatif serangan sejak awal melalui pergerakan Robin van Persie yang langsung mengancam gawang John Ruddy. Beruntung bagi tim tuan rumah, Ruddy mampu bereaksi cepat untuk menggagalkan peluang striker Belanda.

Tidak lama, giliran gelandang Robert Snodgrass yang mendekati gawang Anders Lindegaard lewat tendangan volinya menyambut lemparan ke dalam Steven Whittaker. Akan tetapi, tendangan Snodgrass masih melambung di atas mistar gawang.

Kendati pasukan Setan Merah tampil mengancam, kubu tuan rumah toh sama sekali tidak gentar. Peluang Antonio Valencia kala melepaskan umpan silang berbahaya ke tengah kotak segera dibalas serangan balik Wes Hoolahan yang memberi umpan terukur kepada Anthony Pilkington. Sayangnya, tendangan Pilkington masih melebar di sisi gawang Lindegaard.

Perlahan, Norwich kian mendominasi penguasaan bola dan balik menekan tamunya. Meski sempat terancam lewat kerja sama Van Persie dan Javier Hernandez, armada The Canaries nyaris membuka keunggulan di menit 23 kala umpan silang Hoolahan disambar Snodgrass yang melepaskan tendangan ke arah gawang Lindegaard. Namun, upaya Snodgrass masih melebar dari tiang jauh gawang.

Snodgrass kembali mengancam gawang United di menit 38 setelah pergerakannya berhasil melewati kawalan Rio Ferdinand dan memberikan umpan silang berbahaya ke tengah kotak penalti. Akan tetapi, Chris Smalling berhasil menjauhkan bola dari jangkauan Grant Holt untuk menjaga skor kacamata.

Beberapa menit kemudian, United balik menyerang lewat kerja sama Ryan Giggs dan Van Persie. Sayangnya, umpan cantik Giggs belum berhasil dimaksimalkan mantan kapten Arsenal.

Tekanan United kian terasa di penghujung babak pertama. Ashley Young menguji penjagaan Ruddy di bawah mistar kala menyambar sepak pojok Van Persie dengan tendangan volinya. Namun, aksi penyelamatan Ruddy kembali membuat tim tamu frustrasi dan menjaga skor kacamata bertahan hingga turun minum.

Babak kedua

Norwich terus memberikan tekanan terhadap armada Setan Merah di babak kedua. Van Persie lagi-lagi bergerak cepat dan merangsek ke kotak penalti meski penyelesaiannya belum maksimal sehingga cenderung tidak membahayakan bagi gawang Ruddy.

Rafael sempat membuka peluang setelah pergerakan cerdiknya mampu melewati penjagaan para punggawa Norwich dan melesat ke kotak penalti. Namun, tendangan pemain Brasil masih bisa diblok bek tuan rumah.

Ketika laga memasuki menit 60, publik Carrow Road akhirnya bersorak menyambut gol Anthony Pilkington dan membawa tuan rumah unggul 1-0. Berawal dari umpan silang Javier Garrido di sisi kiri gawang, Pilkington yang berada di depan gawang melompat dan menyambar bola dengan tandukan kepalanya. Lindegaard tidak memiliki kesempatan untuk menahan bola.

Pilkington bisa saja menceploskan gol kedua ketika pergerakannya mampu mengelabui penjagaan Michael Carrick sebelum dirinya melepas umpan silang ke tengah kotak. Sayang, kali ini peluang Pilkington gagal dikonversikan menjadi gol.

Berada dalam tekanan, Sir Alex melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Paul Scholes dan Danny Welbeck untuk menggantikan Antonio Valencia serta Chicharito.

Kendati Welbeck sempat mendapat peluang menyamakan kedudukan, namun header penyerang muda Inggris masih masih melebar dari sisi gawang.

Di penghujug laga, tuan rumah berpeluang menambah keunggulan ketika gelandang Jonny Howson lolos dari kawalan punggawa United dan berhadapan satu lawan satu dengan Lindegaard di dalam kotak penalti. Sayang, kesempatan emas itu berakhir sia-sia setelah tendangan Howson melenceng jauh dari gawang.

United mencoba mencuri gol di menit-menit injury time melalui Van Persie dan Welbeck. Beruntung bagi Canaries, aksi penyelamatan gemilang Ruddy berhasil menjaga keunggulan 1-0 bagi tuan rumah sekaligus memberikan kekalahan kedua bagi pasukan Manchester Merah.

Susunan pemain:

Norwich City: Ruddy, Garrido, Turner, Bassong, Whittaker, Tettey, Johnson, Pilkington, Hoolahan, Snodgrass, Holt

Cadangan: Bunn, Howson, Jackson, Morison, E. Bennett, Tierney, R. Bennett


Manchester United: Lindegaard, Rafael, Ferdinand, Smalling, Evra, Valencia, Carrick, Giggs, Young, Hernandez, Van Persie

Cadangan: Johnstone, Jones, Anderson, Welbeck, Scholes, Cleverley, Fletcher

sumber : goal.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar