Senin, 24 Desember 2012

Man united on BPL (pekan ke 17)


Swansea City 1-1 Manchester United


Desember 23, 2012 8:30 PM WIB
Liberty Stadium — Swansea
Wasit:‬ M. Oliver‎
Jumlah Penonton:‬ 20650‎

Sempat unggul lebih dulu, Manchester United akhirnya harus puas bermain imbang 1-1 melawan tuan rumah Swansea City dalam dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion Liberty, Minggu (23/12) malam WIB.

Hasil ini membuat United gagal menjauhi kejaran rival satu kota Manchester City. Tambahan satu angka itu hanya menjadikan selisih poin kedua tim menjadi empat.

Di laga ini, Nemanja Vidic yang absen sejak September lalu akibat dibekap cedera lutut tampil sebagai starter. Vidic bakal duet dengan Jonny Evans. Sedangkan nama Rio Ferdinand tidak masuk ke dalam daftar pemain. Di barisan depan, duet Wayne Rooney dan Robin van Persie kembali menjadi andalan.

Sedangkan di kubu tuan rumah, manajer Michael Laudrup kembali memasukkan Kemy Augustien di sektor tengah untuk mengimbangi gelandang United. Begitu juga dengan Leon Britton yang mengisi lini tengah.

Duel antara Swansea dan United berlangsung cukup menarik. Kedua tim memperagakan permainan terbuka, sehingga menghadirkan dua gol, di mana masing-masing tim melesakkan satu gol. Namun sepanjang babak kedua, tidak ada gol yang tercipta.

Babak pertama

Swansea dan United memperagakan permainan terbuka di pertandingan ini. Swansea yang menjadi salah satu tim kejutan pada musim ini memberikan perlawanan sengit terhadap United yang memiliki materi pemain lebih baik.

Kendati demikian, pemain dari Swansea dan United belum bisa memberikan ancaman berbahaya bagi pertahanan. Kedua tim lebih sering terlibat duel di lini tengah sepanjang 15 menit pertama.

Publik di Stadion Liberty sempat terbungkam saat laga memasuki menit ke-16. Sepak pojok yang dilepaskan Robin van Persie disambut tandukan Patrice Evra, sehingga menjebol gawang Michel Vorm. 1-0 untuk United.

Merasa kecolongan dari set-piece, Swansea berusaha bangkit mengejar ketertinggalan mereka. Jonathan De Guzman sempat membobol gawang David De Gea selang dua menit kemudian, tapi wasit menganulir gol itu, karena menilai Michu terlebih dulu melakukan pelanggaran.

Michu yang mendapat pengawalan ketat dari barisan belakang United akhirnya bisa meloloskan diri ketika laga berjalan setengah jam. Bola muntah hasil tendangan De Guzman disambar Michu untuk menyamakan kedudukan.

Gol ini membangkitkan kepercayaan diri pemain Swansea, dan mulai kembali menekan pertahanan United. Sebaliknya, tim tamu berusaha menguasai permainan demi mengungguli tuan rumah. Kendati demikian, skor 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Babak kedua

United mencoba mendikte permainan Swansea di babak kedua dengan mengandalkan kekuatan di lini tengah. Namun tidak mudah bagi Setan Merah untuk mengenalikan laga, mengingat Swansea tetap memberikan perlawanan sengit.

Sebaliknya, De Gea justru harus berjibaku untuk mengamankan gawangnya dari kebobolan pada menit ke-52. Ashley Williams menusuk lini belakang United, dan melepaskan tendangan keras. Tapi De Gea dapat menepisnya. Selang satu menit kemudian, De Gea kembali melakukan penyelamatan saat mementahkan peluang Wayne Routledge.

United mendapatkan peluang melalui tendangan bebas Wayne Rooney ketika laga berjalan satu jam. Tapi sepakan Rooney dengan mudah dibaca Vorm, sehingga tidak terlalu membahayakan. Manajer Sir Alex Ferguson kemudian memasukkan Javier 'Chicharito' Hernandez untuk menambah daya dobrak United.

Kehadiran Chicharito memberikan warna bagi permainan United. Tim tamu nyaris unggul lagi ketika laga memasuki menit ke-69. Tapi tendangan Van Persie menyambut umpan silang Rooney dari sisi kiri hanya menghantam mistar gawang.

Tiang kembali menggagalkan upaya United untuk menjebol gawang Swansea. Pada menit ke-79, sundulan Michael Carrick menyambut sepak pojok Ryan Giggs menghantam mistar gawang.

Di waktu tersisa, United terus menggempur pertahanan Swansea demi mendapatkan angka penuh. Kendati demikian, pertahanan solidd yang dikembangkan tuan rumah membuat United menemui jalan buntu. Skor 1-1 tetap tidak mengalami perubahan hingga wasit meniup pluit panjang.

Berikut susunan pemain kedua tim:
Swansea: Vorm; Tiendalli, Chico, Williams, Davies; Britton (Yeung 62'), Augustein (Shechter 87'), De Guzman, Dyer, Routledge; Michu.
Cadangan: Tremmel, Richards, Monk, Yeung, Graham, Moore, Shechter.

Manchester United: De Gea, Jones, Evans, Vidic, Evra, Valencia (Hernandez 62'), Carrick, Cleverley (Scholes 85'), Young, Rooney (Giggs 78'), Van Persie.
Cadangan: Lindegaard, Giggs, Hernandez, Welbeck, Scholes, Buttner, Fletcher.

sumber : goal.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar